Searching...
Rabu, 01 April 2015

Mitos Cabut Gigi Menyebabkan Kebutaan

07.34

Cabut Gigi Menyebabkan Kebutaan

Mitos Cabut Gigi Menyebabkan Kebutaan

Pernahkah sahabat mendengar informasi kalau mencabut gigi dapat menyebabkan kebutaan? Informasi ini sudah lama kita dengar, bahkan di kalangan orang berpendidikan pun beredar informasi ini. Tidak dapat dipungkiri kalau mencabut gigi adalah suatu proses beresiko, bahkan di dalam dunia kedokteran gigi terdapat dokter gigi yang secara tegas menyatakan tidak akan menangani kasus pencabutan gigi dengan berbagai alasan.Memang benar resiko dalam proses pencabutan gigi menyangkut keseluruhan proses, dimulai dari pemberian anestesi , proses pencabutan gigi (ekstraksi), sampai proses penyembuhan pasca tindakan.
Dilihat dari sisi anatomi, antara saraf mata dan saraf gigi tidak memiliki keterkaitan langsung. Kedua saraf keluar dari otak dalam keadaan terpisah melewati jalur yang berbeda pula. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam proses pencabutan gigi itu sendiri tidak terkait langsung dengan komplikasi yang melibatkan organ mata. Kemungkinan yang dapat terjadi adalah adanya infeksi sebelum atau sesudah pencabutan gigi, dimana infeksi menyebar sampai ke organ mata. Perlu ditekankan disini bahwa tidak hanya pencabutan gigi yang memiliki resiko seperti ini, setiap tindakan operatif pada daerah kepala memiliki resiko serupa.

Untuk mengantisipasi resiko infeksi tejadi, sebelum tindakan operatif apapun, termasuk daerah kepala, khususnya pencabutan gigi, sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu guna memastikan tidak ada infeksi dan peradangan disekitar area tindakan. Bila terdapat infeksi dan peradangan maka sebelumnya harus ditangani dengan pemberian obat. Setelah tindakan cabut gigi, diberikan juga obat sebagai antisipasi munculnya infeksi, mengingat infeksi sangat mudah menyebar melalui pembuluh darah yang terbuka. Demikian informasi singkat mengenai mitos cabut gigi yang menyebabkan kebutaan , semoga masyarakat dapat memahami informasi yang telah diberikan sehingga tidak memunculkan ketakutan tak beralasan terhadap proses cabut gigi ini.

Lainya >>Mitos Seputar Kesehatan Gigi

0 komentar:

Posting Komentar